Senin, 19 November 2012

Jaga Lisan Kita Yuk !




Assalamualaikum...

Sudahkah Anda mengucapkan sesuatu hari ini?
Sudahkah Anda berdialog hari ini?

Pasti sudah kan?

Terus apakah Anda pernah memikirkan seberapa dosa kita hari ini?

Pasti ada yg bilang,"Ah dosaku hari ini sedikit kok,aku udah menjalankan ibadah tepat waktu."

Ada juga yg bilang,"Sama,ditambah aku ga mukul atau nyolek orang sedikitpun pokoknya aku ga pernah nglakuin kekerasan fisik,jadi udah pasti dosa aku sedikit hari ini."

Dan ada juga yang bilang,"Aku ga tau dosa aku banyak apa engga,tapi aku tadi ga sengaja bikin orang jatoh sampe luka,mungkin dosa aku paling banyak hari ini walopun sebenernya aku udah minta maaf."


Hemm dari pernyataan-pernyataan tadi yakin ga sih kalo pernyataan pertama n kedua dosanya sedikit,dan yg ketiga dosannya paling banyak.

Ga juga guys...
Soalnya menurutku dosa itu bukan cuma dikarenakan menyakiti fisik orang lain aja, melainkan menyakiti hati dan perasaan orang juga.

Dan perlu digaris bawahi yah! Dosa karena Ucapan atau Lisan itu lebih Dahsyat timbang dosa karena perbuatan menyakiti fisik orang...

Bayangkan aja seumpama kita ga sengaja membuat orang jatoh sampai lecet,mungkin dengan kata maaf yg tulus aja udah cukup untuk menerima maaf dari orang yg udah kita buat jatoh tadi. Mungkin dia agak marah tapi karena kita tulus minta maaf dan bertanggung jawab pastinya, itu udah membuat dia tau kalo kita ga sengaja,dan hal itu ga akan membuat dia benci atau bahkan dendam sama kita.

Tapi kalo lisan,ucapan kita yg sengaja ataupun tidak dan dengan atau tanpa kita sadari udah menyinggung perasaan orang lain,pasti beda banget permasalahannya. Karena sifat orang itu beda-beda, ada yg sebenernya sakit ati tapi diem aja dan kita ga tau klo udah nyakitin hati dia, trus dia pendem sakit ati itu sampe lama banget akhirnya jadi dendam yg kita ga tau tentang itu. Ada juga yg nunjukin secara terang-terangan,nunjukin sikap kalo dia ga suka sama ucapan kita,mau kita minta maaf atao tidak namanya juga sakit ati pasti ga bisa dilupain walopun dia udah bilang,"Aku udah maafin kok,lupain aja." tapi percaya deh sampai kapanpun dia ga akan pernah bisa nglupain hal itu.

Jadi udah tau kan betapa dahsyatnya lisan kita itu maka ga heran ada yg bilang "Mulutmu HarimauMu".
Menurutku itu bener banget, maka dari itu Ayo guys jaga lisan kita! jangan sampe kita berulang-ulang nyakitin hati orang laen. Begitu juga dengan kita,pasti ga mau juga kan disakitin sama lisan orang laen.

So, Berhati-hatilah dalam berucap dimanapun,kapanpun,dan dengan siapapun!!!.



Wassalam.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar